Cari
  • Ardian Susanto

4 Bahan Rahasia yang Bikin Orang Ketagihan Pempek Palembang

Bicara soal pempek Palembang, pasti langsung kebayang sensasi umami dari ikan tenggiri yang kenyal dan gurih. Ditambah lagi dengan sandingan cuko segarnya. Manis, asam, pedas, dan gurih berpadu sempurna dalam satu sajian. Ah, siapa pun langsung jatuh hati dibuatnya. Nikmat kudapan khas Palembang yang bikin ketagihan!


Sebagai sesama pecinta pempek Palembang, pasti kita tahu dong, jajanan yang satu ini punya banyak varian. Sebut saja misalnya kapal selam, lenjer, pistel, dan masih banyak lagi jenis/varian lainnya. Masing-masing menawarkan kenikmatan unik dari cita rasa khas sajian pempek Palembang.


Bicara soal kenikmatan, rasa sebuah hidangan tentu tak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan. Sama halnya dengan sajian kuliner khas Palembang yang satu ini. Pemilihan bahan yang tepat akan menghasilkan pempek yang lezat, di samping juga harus memperhatikan cara memasaknya yang tepat tentunya.

Nah, di blog edisi kali ini, kita akan bahas kualitas bahan-bahan apa saja yang bikin bikin banyak orang ketagihan pempek Palembang.


1. Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah jenis ikan yang paling sering digunakan dalam resep pempek Palembang. Beberapa varian pempek yang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya antara lain pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan keriting.

Ikan jenis ini dipilih karena karakter rasanya yang merupakan perpaduan antara gurih dan manis.

Selain itu, ikan tenggiri ini juga punya segudang manfaat bagi kesehatan, lho. Menurut seorang spesialis gizi klinis dalam salah satu acara di tvOne, dr Marya W Haryono MGizi, SpGK, kandungan gizi cukup lengkap yang terdapat pada ikan tenggiri berkhasiat meredam proses terjadinya stroke. Beberapa yang vital di antaranya adalah protein, selenium, vitamin b12, dan Omega 3.

Nah, untuk menghasilkan pempek palembang yang membuat anda ketagihan, tentu kita harus memilih jeli dalam memilih ikan tenggiri. Ikan yang akan kita gunakan harus yang segar supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Cara mengetahui kesegaran ikan tenggiri sebenarnya cukup mudah. Anda bisa cek fisik ikan sebelum membelinya. Beberapa ciri fisik ikan tenggiri segar di antaranya adalah:

● Mata ikan menonjol dan bening

● Siripnya kuat dan kulitnya cerah mengkilap

● Badan ikan tidak berlendir dan masih bertekstur keras (padat) ketika ditekan


2. Santan

Nah, kalau bahan yang satu ini memang tidak banyak digunakan dalam resep pempek. Anda hanya butuh santan jika Anda ingin membuat pempek adaan, celimpungan, atau laksan. Biasanya ada juga yang sudah tidak memakai santan di pempek adaannya.

Kebanyakan orang pasti memilih menggunakan santan instan untuk memasak. Memang praktis dan mudah, tapi akan jauh lebih baik kalau kita menggunakan santan alami saja.

Cara membuat santan sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu memperhatikan perbandingan antara berat kelapa parut dan jumlah air.


Untuk menghasilkan santan kental–yang dibutuhkan dalam resep pempek adaan–diperlukan perbandingan 1:1. Misalnya, untuk setiap 500 gram kelapa parut, Anda butuh 500 ml air hangat.

Selain bebas pengawet dan zat kimia lainnya, menggunakan santan alami akan menghasilkan rasa yang lebih gurih. Tips ini bisa tidak hanya berlaku untuk resep pempek saja, lho. Anda juga bisa terapkan tips ini untuk membuat masakan lain yang membutuhkan santan.

3. Telur

Seperti ikan tenggiri, telur adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam resep pempek Palembang.

Kelezatan hasil masakan yang berbahan telur pasti sedikit banyak bergantung pada kualitas telur itu sendiri. Apalagi untuk membuat jajanan berbasis telur seperti pempek kapal selam. Varian ini menggunakan telur sebagai salah satu komposisi utama yang paling menonjol selain adonan dasarnya yang berbasis tepung dan ikan.

Mengutip dari buku Cara Pintar Pilih Pangan Asal Hewan yang di-review di halaman situs Tempo, salah satu cara untuk menguji kesegaran telur ternyata cukup sederhana. Anda cukup memasukkan telur ke dalam air larutan garam 10 persen, dan lihat reaksinya.


Telur yang segar akan tenggelam, telur yang kurang segar akan melayang, dan telur yang tidak segar akan terapung.

Jadi, kalau Anda ingin berkreasi membuat pempek yang lemak, salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan telur segar. Beli telur di hari yang sama pada saat Anda ingin mengolahnya.

Sebagai pengecualian, ada beberapa varian pempek yang memang tidak membutuhkan telur untuk membuat adonannya. Nah, jika Anda ingin berkreasi dengan varian-varian ini–seperti lenjer dan pistel–maka hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan tepung yang tepat. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa baca tips dan panduannya di sini.

4. Ebi

Bagi pecinta kuliner, bahan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ebi atau udang kering ini memang sering sekali digunakan untuk memberikan sensasi umami pada masakan.

Dalam kegunaannya sebagai bahan baku, ebi sering ditambahkan pada isian pempek pistel, dan juga sebagai campuran pelengkap adonan pada pempek belah dan panggang.

Nah, itulah dia keempat bahan-bahan andalan, rahasia sajian pempek yang lemak nian!

Ngomong-ngomong, dari banyaknya varian pempek palembang, mana yang paling bikin Anda ketagihan?


Apabila anda ingin langsung mencoba silahkan pesan langsung ke Palembang 21, bisa menghubungi di whatsapp ini (0811826825) untuk pesan kirim seluruh jakarta.


Salam Wong Kito Galo

10 tampilan

KAMI SIAP MELAYANI ANDA

© 2021 Pempek Palembang 21 by G&B Digital Marketing Agency

0